Kawah Putih

Posted: August 23, 2009 in Kawah Putih

Tanggal 13 Agustus 2009 pukul 10.00 kami ber-6 (Pandu, Sandi, JeBe, Martin, Thomas dan gw) berangkat menggunakan innova Thomas dari rumahnya.  Oia, ini adalah rangkaian dari Tour de Jawa Barat. Sebenarnya target awal itu jam 9 udah berangkat, tapi gara-gara oknum “kancut” bernama Sandi akhirnya kami terlambat 1 jam. Kami menunggu di mobil sampai akhirnya si oknum “kancut” tersebut datang menggunakan motor bebeknya dengan barang bejubel plus gitar di pundak (udah kaya orang mau pindahan…haha). Perjalanan melewati tol Cipularang keluar di tol Kopo memakan waktu sekitar 2 jam. Keluar tol Kopo kami langsung menuju ke arah Soreang menuju Ciwidey. Berhubung perut sudah menangis minta makan, di daerah ciwidey tepatnya R.M. Sindang Reret kami berhenti sejenak untuk mengisi perut. Begitu masuk ternyata kami salah masuk. Kami masuknya malah ke penginapannya. Alhasil, muter2 dikit sambil menerobos penginapan orang (sampe diliatin ama orang sono) tapi nyampe juga sih di parkiran aslinya…hehe. Makanan khas Sunda yang hampir tiap kali gw makan selama di Jawa Barat adalah Nasi Timbel Ayam Goreng plus teh hangat….biaya sekitar Rp.20.000,-. Suasana restorannya juga enak. Ada sawah, anak kecil maen layangan, dll. Udaranya juga sejuk abis….alias Udin Petot…hehe. Oia, seperti di restoran Sunda lainnya, kita bisa milih mau duduk apa lesehan. Kalau kami sih lesehan…biar lebih maknyuusss dan ajjiieebbb…. Sekitar sejam lebih kami di restoran karena nunggu makanannya dateng lumayan lama.

R.M Sindang Reret

Dari sana kami langsung ke TKP alias Tempat Kawah Putih. Sampe di kawah putih kira2 jam setengah 4 sore. Biayanya klo ga salah ber-6 plus mobil Rp.62.000,- . Parkirannya gede dan ada banyak toko2 cinderamata kalo mau beli (kalo gw sih ga beli…haha). Pas turun dari mobil langsung disuguhi bau belerang yang baunya kaya ken**t. Ada anak kecil juga lagi maen gendang (entah bahasa sundanya apa…mungkin “geundang atuh”…haha). Begitu sampe di kawahnya……..”beuhhh….ajiieebbb”, bagus banget. Warna air kawahnya ijo pasir dan batu2annya putih….manteb bner…Kayanya gak sia2 tadi kita walopun melewati jalanan di kawah putih yang kecil dan ancur. Kalo dari yang gue baca, kawah putih itu bekas letusannya Gunung Patuha (Pak Tua). Dulu tempat ini dibilang angker karena tiap burung lewat di atas kwah trus meninggal. Ternyata eh ternyata itu karena bau belerangnya. Di kawah putih sekarang juga jadi tempat favorit buat pre-wedding. Semua tempat lo jelajahin aja buat foto2 dan mengagumi kebesaran Tuhan…hehe. Ati2 di depan gua bekas tambang belerang, jangan lama2 maen disono, bisa modar lo. Gw baru 5 menitan aja udah batuk2, mual, dkk.

Kawah Putih 1

Kawah Putih 2

Kawah Putih 3

Itu die poto2nye disono. Ga banyak karena kami cuma setengah jam-an di sana. Kenapa? karena kami mesti ke tasikmalaya buat bermalem di sono. Soalnya trip besok adalah ke greencanyon, pangandaran, dan sekitarnya. Perjalanan dari Kawah Putih ke Tasik kira2 4 – 5 jam-an tapi itu karena kita makan dulu di R.M Gentong di Ciamis (setengah jam dari Tasik). Dari Bandung ke Tasik rutenya masuk tol Kopo lagi tp yang ke arah Cileunyi. Keluar Cileunyi ambil arah Garut-Tasik.

R.M Gentong

Setelah perjalanan naik turun di aspal gunung akhirnya nyampe juga di kota Tasik. Hampir jam 9 malem trus langsung nyari hotel. Setelah muter2 (sampe ke hotel tempat mesum, dll) akhirnya nyampe jg di Hotel Namira (klo ga salah). Kami dapet satu villa mestinya buat 2 orang cuma diisi ber-enam. Muat kok tinggal nurunin ranjang. Harganya Rp.225.000,- semalem/villa. Diitung2 ya seorang Rp.40.000,- lah. Villa-nya full ac (walopun ga ngaruh soalnya dingin juga udara disono), TV gedenya se-perut JeBe, Ruang tamu (yang akhirnya dipake buat kamar juga), dan kamar mandi plus air hangat (air hanget kaga nyala, alhasil mandi pke air dingin sampe semua “barang” mengkerut dan mandi bersama lintah). Foto hotelnya ga ada, jadi dikira2 aja ya.

Oke, segitu dulu yak….perjalanan besok pagi akan dilanjutkan nanti lagi kalau gw sempet….hahaha…