Ko-ass obgyn

Posted: December 31, 2009 in Ko-ass Obgyn

Saya hanyalah seorang koas obgyn FKUI tingkat 6 yang tertarik dengan ilmu kandungan dan kebidanan. Inilah bagian dari ilmu kedokteran yang menurut saya sangat luar biasa. Kelebihan bagian obgyn menurut saya adalah seorang dokter obgyn menolong 2 nyawa sekaligus (dalam hal melahirkan). Dalam proses kehamilan dan melahirkan terdapat berjuta hal yang kita lihat dan dapat. Dimana perjuangan seorang ibu untuk menjaga sampai melahirkan buah hatinya. Proses yang sangat berat dengan taruhan nyawa. Keharuan, kebahagiaan, dan banyak perasaan lain terpancar dalam wajah sang ibu.

Ketertarikkan saya pada bidang obgyn juga karena saya menyukai wanita (dalam arti positif tentunya). Wanita merupakan pribadi yang unik yang telah diciptakan Tuhan. Mulai dari dalam kandungan, dilahirkan, menjadi anak-anak, tumbuh menjadi remaja, dewasa, dan akhirnya sampai pada masa tua dan akhirnya meninggal. Tugas dokter khususnya dokter obgyn adalah meciptakan wanita yang sehat baik fisik maupun mental sehingga tercipta kesejahteraan hidup wanita.

Hal yang juga menjadi perhatian saya adalah angka kematian ibu (AKI) yang masih tinggi dibanding negara berkembang lain. Pada tahun 2007, angka kematian ibu berkisar 248 per 100 ribu kelahiran. Hal ini terjadi karena berbagai macam sebab yang kompleks. Namun, tentunya hal itu dapat dicegah. Untuk mengurangi AKI tersebut memerlukan kerjasama yang baik dari semua pihak.

Melalui blog ini, saya ingin memberikan sesuatu untuk bidang obgyn mulai dari artikel (teori dari berbagai sumber), tips2 ko-as obgyn, dll yang mungkin berguna untuk adik2 kelas pre-klinik, rekan2 ko-as, rekan2 akbid/akper, atau siapapun juga yang ingin membaca. Hal yang tertulis di sini tentunya belum tentu benar dan masih harus di cek ulang lagi atau dicari lagi sumber2 textbook yang lain.

Terima kasih juga saya ucapkan untuk para profesor, konsultan, spesialis, kakak2 residen, kakak2 kelas, teman2 seangkatan (untuk bahan presentasi-nya), adik2 kelas, rekan2 akbid, rekan2 akper, dan semua pihak yang telah rela membagi ilmu kepada saya dan membantu saya selama di obgyn.

Secara khusus pula saya berterima kasih kepada residen obgyn dan juga alumni Kolese Kanisius, dr. A.Budi Mardjono, yang menjadi inspirasi saya dalam membuat blog ini. Dan juga kepada pasien2 wanita yang telah bersedia menjadi guru kami yang tidak tergantikan.

Mohon maaf jika ada kekurangan (saran sangat saya harapkan untuk memperbaiki blog ini) dan terima kasih karena sudah mau berkunjung dan membaca blog ini.

Angga J. Suryadi, S.Ked

Comments
  1. badromancer says:

    mantap Ga!
    way to go, dah..
    *kumpulin koin dulu ga sebelum masuk objin* hehe..

  2. Angga says:

    eh, ada kozzy…
    gw mah asal koz…
    klo lo kan udah blogger handal…
    hehe…
    bagi2 ilmu dong koz…hehehe

  3. wie says:

    mm..ya bagian obgin emang sangat menarik, semenjak koas di bagian nih, saya ingin bgt suatu saat menyandang Sp.OG..Inshallah.. blog nya bagus…”_”

Leave a Reply

